Senin, 22 Desember 2008

Pekan Raya Hagoita Tradisional Jepang

Jepang sedang merayakan Pekan Raya Tahunan Hagoita (raket kayu) di Kuil Sensoji menjelang tutup tahun ini, yang memperlihatkan dan raket-raket kayu warna-warni yang sangat semarak oleh aneka hiasan.

Hagoita mula-mula berasal dari sebuah tradisi orang Jepang, dimana selama perayaan tahun baru, gadis-gadis akan bermain Hanetsuki, sebuah permainan seperti bulu tangkis dengan raket kayu dan sebuah kock.

Pada mulanya raket- raket kayu adalah buatan tangan, menggunakan kapas dan kain yang terbaik atau kertas washi. Raket-raket terdiri dari berbagai macam dan ukuran, yang melambangkan seorang gadis yang menginjak dewasa, dan juga melambangkan kesehatan dan keselamatan. Beberapa orang bahkan menaruhnya didepan pintu untuk menolak kejahatan, tetapi sekarang sebagian besar hanya digunakan sebagai pajangan, suvenir dan kado.

Hiroshi Sugiura telah menekuni Hagoita selama 35 tahun. Ia berpikir bahwa budaya Jepang lambat laun telah terlupakan, penyebabnya karena anak-anak muda terlalu bebas dan telah menurun kualitas moralnya.

"Sangat penting menghargai budaya tradisional, sebagai sarana untuk tetap menjaga moralitas. Saya ingin semua orang memikirkan hal ini sekali lagi," ujar Hiroshi Sugiura, seorang perajin Hagoita.

Beberapa artis terkenal juga tampil pada desain hagoita, seperti David Beckham, Bae Yong Joon (aktor Korea), beberapa pemain Sumo dan karakter-karakter animasi. Ini menunjukan kebanggaan pada acara itu yang telah sukses beberapa tahun sebelumya.

Lihat Videonya disini : http://english.ntdtv.com/?c=156&a=6498

1 komentar:

Andrianto mengatakan...

Disini sy jarang ngelihat HAGOITA, apa karena bukan budaya prefektur sini ya?? sy di Pref OKAYAMA, artikelnya bagus, boleh dong bagi2 tipsnya?? blog saya garing banget,

fandi107@yahoo.com