Sabtu, 10 Januari 2009

Fine Art Photography



Foto fine art bukan sebuah karya yang bersifat instan karena pemunculan gagasan atau idenya tidaklah serentak dan berkesan dadakan.

Kadangkala tak mudah bagi seseorang apalagi masyarakat awam memahami esensi sebuah foto, apalagi gambar yang diamati adalah karya-karya art photography. Salah satu alasannya adalah tampilan fotonya yang sedikit berbeda. Bahkan menurut beberapa orang karya art photography terlalu “rumit” untuk dimengerti. Hal ini bisa dimaklumi karena art photography memang masuk dalam kategori seni murni (fine art). Bahkan dalam perkembangannya foto-foto yang mengusung tema seni tinggi ini lebih dikenal sebagai fine art photography.

Lalu sebenarnya apa fine art photo­graphy itu? Ada beberapa pendapat yang mengiringi pengertiannya. Menurut Nico Darmadjungen salah satu fotografer fine art di Indonesia dia tak bisa memberikan definisi yang pasti untuk menerangkan fine art photography itu sendiri. Tapi secara umum fotografer lulusan sekolah seni Hamburg Jerman ini dapat mengatakan bahwa fine art photography adalah cabang fotografi yang lebih menitikberatkan nilai estetik dan intelektual dalam karya-karyanya. “Jadi selain indah foto tersebut juga mengandung arti,” tegas fotografer yang karyanya telah banyak dikoleksi oleh pecinta fotografi seni di Indonesia.

1 komentar:

ucupnangagah mengatakan...

ini artikel dari majalah IP ya